Minggu, 06 Maret 2011

Ternak Kambing Etawa, Bisnis yang Menjanjikan

Beternak kambing etawa kini bisa bisnis yang menjanjikan. Selain bisa menghasilkan daging dan susu, kotoran kambing ini juga bisa digunakan sebagai pupuk kandang.

irfan, warga desa made kecamatan kota lamongan, merupakan salah satu peternak kambing etawa yang kini menikmati hasil dari usahanya.

irfan memulai beternak kambing etawa enam bulan silam. awalnya irfan hanya memiliki tujuh ekor kambing. namun setelah enam bulan, kini kambingya sudah berkembang biak menjadi 45 ekor.

menurut irfan, perawatan kambing yang poeturnya lebih besar jika dibanding kambiang biasa ini cukup mudah. selain memberikan pakan dedaunan secara teratur, kambing juga perlu diberi makanan tambahan seperti ampas tahu yang dicampur gula tetes.

selain menghasilkan daging, susu kambing etawa juga sangat bermanfaat jika dikonsumsi karena bisa menjadi obat alternatif untuk beberapa penyakit dalam.


harga kambing etawa ini berfariasi antara 1,5 juta rupiah hingga 70 juta rupiah. harga tertinggi bisa didapat jika kambing pernah mengikuti kontes dan menyabet juara.

keuntungan lain, kotoran kambing ini bisa dijadikan sebagai bahan untuk membuat pupuk organik. namun kegagala dalam beternak kambing ini juga kerap dijumpai. rata-rata peternak kambing gagal karena tidak memahami seluk-beluk kambing dan bagaimana cara perawatannya.

2 komentar:

Benar setuju sekali,, BTW klo bisnis ruwet dan membutuhkan inspirasi bisnis klik disini ya.. solusibisnismu.wordpress.com terima kasih diberi tumpangan lewat.

Satu hal yang perlu kita perhatikan dalam menjaga dan membudidayakan Kambing etawa adalah menjaga diri dari oknum luar negeri yang ingin meminimaalkan produk susu kambing Etawa lokal.Jangan kalah dengan produsen susu kambing negara tetangga.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More